Jangan Menyimpan Beberapa Barang ini di Kamar Mandimu

Jangan Menyimpan Beberapa Barang ini di Kamar Mandimu. Kamar mandi bisa jadi adalah pusat kegiatan Anda di pagi hari. Tapi ternyata, menyimpan semua perlengkapan Anda di sana malah bisa merugikan dan berbahaya bagi kesehatan.

Banyak peralatan dan kebutuhan sehari-hari Anda jadi rusak karena kondisi kamar mandi yang hangat dan lembap. ini barang-barang yang tak boleh Anda simpan di kamar mandi:

1. Sikat gigi

Kebanyakan orang tentu meletakkan sikat gigi mereka di kamar mandi. Tapi para ilmuwan mengatakan, lakukan hal ini dan tanggung sendiri risikonya. Terutama jika Anda berbagi kamar mandi dengan orang lain.

Para peneliti dari Quinnipiac University menemukan kandungan kotoran manusia di 60 persen sikat gigi yang diletakkan di kamar mandi bersama, tak peduli bagaimana pun cara sikat gigi tersebut diletakkan.

Menyiram toilet dengan kondisi tertutup pun tidak menyelesaikan masalah ini. Menggunakan penutup sikat gigi malah akan membuat bakteri terjebak di dalam, karena sikat gigi tidak bisa kering di antara saat penggunaan.

Jadi walaupun terdengar konyol, akan jauh lebih baik jika Anda menyimpan sikat gigi di tempat kering lain di luar kamar mandi.

2. Pil KB

Suhu yang naik turun serta kelembapan kamar mandi bisa membuat pil KB dan obat-obatan lain seperti obat flu dan ibuprofen jadi kurang manjur. Hal ini bisa membuat obat-obatan tadi rusak dan kedaluarsa sebelum waktunya.

Sediakanlah kotak khusus untuk menyimpan obat-obatan Anda. Dan letakkan kotak tadi di tempat yang kering dan sejuk.

3. Pisau cukur cadangan

Lingkungan lembap bisa menyebabkan mata pisau teroksidasi dan berkarat sebelum digunakan. Kecuali pisau cukur tadi disimpan dalam bungkusan kedap udara, temukan tempat lain untuk menyimpan peralatan bercukur Anda.

4. Kosmetik

Menyimpan kosmetik di kamar mandi mungkin memudahkan hari Anda, tapi kosmetika Anda tak akan tahan lama. Panas dan lembap akan membuat kosmetik Anda jadi cepat rusak.

Simpan peralatan makeup Anda di tempat yang sejuk dan kering.

5. Kuas makeup

Kuas makeup yang diletakkan di tempat terbuka menjadi rentan terhadap kuman yang berasal dari toilet ketika Anda menyiramnya. Tapi bahkan jika Anda meletakkannya di dalam laci sekali pun, mereka tetap tak akan bertahan dalam kondisi lembap kamar mandi.

Kelembapan udara membuat bakteria berkembang biak dan bisa menimbulkan lumut dan jamur di kuas Anda. Untuk amannya, simpan kuas di dalam kamar tidur.

6. Parfum

Parfum favorit Anda bisa berubah jadi berbau tak sedap jika berada di kamar mandi terlalu lama. Perubahan suhu yang drastis akan merusak wanginya.

Sebaiknya simpan parfum di atas lemari atau meja rias – jauh dari sinar matahari langsung dan di tempat yang suhunya konstan.

7. Kondom

Kotak obat di kamar mandi mungkin adalah tempat penyimpanan yang aman, dan sedikit tersembunyi. Tapi tempat yang ideal untuk meletakkan kondom adalah laci di kamar tidur. Terekspos panas dan lembap akan membuat kondom rusak seiring waktu, yang akan menurunkan efektifitasnya.

8. Perhiasan

Sama seperti pisau cukur, kondisi lembap bisa memberikan efek negatif pada perhiasan favorit. Perhiasan murah yang terbuat dari logam bisa berkarat. Dan perhiasan dari perak asli bisa pudar lebih cepat.

Simpan perhiasan Anda dalam kotak tertutup di ruangan yang lain agar keindahannya bertahan lebih lama.

Jangan Menyimpan Beberapa Barang ini di Kamar Mandimu