Beberapa Kebiasaan Buruk yang Buat Gadget Kamu Cepat Rusak

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Buat Gadget Kamu Cepat Rusak. Siapa sih yang tidak memiliki gadget khusus untuk mempermudah hidup? Ngaku deh, kamu punya smartphone, tablet atau laptop kan di rumah? Dan bukan tidak mungkin salah satunya telah menjadi gadget andalan kamu dalam beraktivitas.

Saking seringnya digunakan, bukan tidak mungkin gadget itu kamu bawa ke mana-mana dan tidak bisa terpisahkan. Nah, supaya gadget kesayangan kamu bisa awet, butuh perlakuan khusus dan jangan sampai salah selama menggunakannya.

Caramu menggunakan gadget biasanya berdasarkan kenyamanan, tapi apakah caramu menggunakan gadget tersebut sudah benar? Karena jika tidak, yang ada justru gadget milikmu jadi cepat rusak. Seperti kegiatan-kegiatan yang bisa merusak gadget berikut ini:

1. Ngecas Baterai Setelah Habis Total

Agar awet, jangan biarkan baterai smartphone-mu habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena aus. Dan jangan sering-sering mengisi ulang baterai lewat laptop.

2. Sering Dicas Semalaman

Rata-rata smartphone dan gadget lainnya telah dibekali teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Tapi bukan berarti ini 100% aman bagi baterai. Akan lebih baik jika kamu cabut baterai saat indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak harus menunggu 100%.

3. Sering Menggunakan Charger yang Bukan Bawaan

Di pasaran, banyak beredar adapter charger yang dibekali kemampuan fast charging. Tapi seperti JalanTikus pernah ungkapkan, isi ulang baterai dengan charger palsu atau bukan bawaan itu berbahaya. Pastikan untuk hanya menggunakan charger yang bukan bawaan jika dalam keadaan darurat saja. Apa susahnya membawa charger di tas?

4. Mengisi Ulang Sambil Tetap Dipasangi Case Tambahan

Case tambahan seperti hardcase, softcase atau bumper memang akan membuat smartphone jadi aman dan nyaman digunakan. Tapi penggunaan case tambahan saat proses isi ulang baterai justru akan membuat smartphone cepat rusak karena aliran panas di permukaan jadi terhalang. Sebaiknya cabut case apa pun dari smartphone saat diisi ulang.

5. Baterai Laptop Selalu Dicas

Wajar jika laptop kamu terus-terusan dicas karena takut kehabisan baterai saat ngetik tugas kantor atau kampus. Tapi agar laptopmu awet, sebaiknya biarkan baterai laptop kosong 0% setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status battery bar.

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Buat Gadget Kamu Cepat Rusak